Cara Merawat Mukena Saat Ramadhan 2022 No Bau No Jamur

Tips cara merawat mukena ketika Ramadhan 2022 penting sekali untuk diketahui oleh para muslimah. Sebab ganjalan demi unek-unek ketika memakai mukena memang banyak, di antaranya adalah wangi di mukena yang sungguh menyengat saat dipakai dan jamur yang menempel di kain mukena, khususnya bagian erat wajah dan kepala. Apalagi saat Ramadhan, mukena akan digunakan setiap hari untuk menunaikan sholat wajib dan sholat sunah tarawih. Bukan mustahil, mukena akan jauh lebih cepat kotor dan anyir. Bagaimana cara merawatnya?


Simak kiat dan trik cara merawat mukena saat  ramadhan / puasa 2022 1443 H


Cara Merawat Mukena Saat Ramadhan


Pertama, punya dua mukena


Cara mudah menjaga keharuman dan kesucian mukena dikala bulan Ramadhan yakni dengan memiliki lebih dari 1 mukena atau 2 mukena cukup. Asal bisa dipakai secara bergantian. Maksudnya, jikalau salah satu telah terasa tidak nyaman dikenakan, maka mukena satunya bisa menjadi back up dari mukena pertama. Makara, kesucian masing-masing mukena pun mampu dijaga. Jika perlu, Anda bisa memakai mukena pertama di minggu pertama bulan berkat, mukena kedua di minggu kedua, dan seterusnya secara bergantian. Pembuatan acara juga akan jauh lebih membuat lebih mudah perawatan mukena Anda.


Kedua, jangan lupa menggantung mukena


Ketika selesai dikenakan usahakan untuk selalu menggantung atau mengangin-anginkan mukena. Supaya bab yang lazimnya berair mampu dikeringkan dengan lebih singkat. Ini juga akan mempertahankan kelembaban mukena di tingkat yang lebih baik. Jika Anda belum mempunyai gantungan khusus mukena di rumah, ada baiknya membuatnya dari kini sebagai jaga-jaga dikala Ramadhan 1443 H tiba nanti. Sebab pada ketika itu, tidak cuma air wudlu yang akan membasahi mukena, keringat saat shalat tarawih juga bisa membuat kelembaban mukena meningkat, kesudahannya jamur lebih mudah muncul.


Ketiga, cendekia menentukan bahan mukena


Perhatikan betul kain mukena yang hendak dibeli. Usahakan untuk memilih kain yang mampu menyerap air dengan baik seperti katun.


Keempat, pakai pelapis/ciput


Melapisi kepala dengan kain tertentu bisa menjadi penyelesaian yang baik agar air tidak langsung terkena ke mukena melainkan terkena bahan ciput terlebih dahulu. Jika Anda kepincut menggunakan ciput atau kain epilog kepala yang lain, maka seleksilah yang gampang menyerap air dengan bentuk yang mampu menutup kepala, rambut, dan aurat bagian kepala dengan baik.


Kelima, cuci, jemur, dan setrika


Mencuci mukena lebih baik dijalankan dengan tangan secara manual. Hindari memakai mesin cuci biar serat kainnya tetap abadi dan tidak gampang rusak. Lebih gampang lagi jika sebelum digosok memakai tangan, Anda merendamnya apalagi dulu dengan detergen. Disarankan untuk menjemur mukena di kawasan yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah kering, Anda mampu menyetrika mukena.


Itulah beberapa cara merawat mukena saat Ramadhan 2022 1443 H dari femalist.com. Usahakan untuk menjaga kesucian mukena selaku alat ibadah sholat Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel