Tata Cara Lengkap Melakukan Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat yakni serangkaian gerakan yang didesain untuk melatih kekuatan jantung, gerakan otot besar, dan kelenturan sendi. Senam ini juga difokuskan untuk memompa oksigen sebanyak mungkin ke dalam jantung. Senam ini terdari dari lima seri dengan beban latihan yang semakin berkembangdi setiap serinya. Selain dapat melenturkan otot dan sendi, gerakan-gerakannya juga bisa memberikan kekuatan pada otot-otot tangan dan kaki.


Saat melaksanakan senam ini secara tolong-menolong, biasanya posisi dimulai dengan sikap sempurna. Lalu, pemimpin senam akan mempersilakan peserta untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Berikutnya, antisipasi dilanjutkan dengan menghitung denyut nadi. Cara melakukannya ialah dengan memposisikan jari telunjuk dan jari tangan kanan pada nadi radialis di lengan kiri. Anda bisa merabanya di pergelangan tangan kiri selama sepuluh detik. Setelah antisipasi selesai, Anda bisa mengawali gerakan senam.


Nah, simak sistem melakukan senam jantung sehat yang mudah, menyenangkan, dan menyehatkan berikut ini


Tata Cara Lengkap Melakukan Senam Jantung Sehat


Gerakan Pemanasan


Gerakan ini dimulai dengan menundukkan kepala dan memiringkan kepala ke kanan dan kiri. Lalu, dilanjutkan dengan mengangkat bahu, menekan kedua telapak tangan, serta menawan jari-jari tangan. Gerakan berikutnya yaitu memutar badan ke kanan dan kiri, yang dilanjutkan dengan menawan kedua bahu dan merentangkan tangan. Kemudian, dilanjutkan dengan memutar sisi badan, memutar tubuh, dan membungkukkan tubuh. Gerakan ini ditutup dengan melangkahkan kaki secara serong, mengangkat kaki bergantian, dan menekuk kaki ke belakang.


Gerakan Inti


Gerakan ini dimulai dengan jalan di tempat, kemudian menggerakkan kepala dan bahu. Kemudian, dilanjutkan dengan jalan di tempat, merentangkan tangan, dan mendorong lengan. Gerakan berikutnya yaitu jalan di daerah, merentangkan tangan, dan mengangkat kedua lengan. Selanjutnya, jalan di tempat, merentangkan tangan, dan menggerakkan tubuh. Lalu, jalan di kawasan, merentangkan tangan, menarik lutut, dan mengayunkan kaki. Gerakan ini ditutup dengan lari di kawasan dengan berbagai kombinasi gerakan lainnya.


Gerakan Pendinginan


Gerakan pendinginan pada senam jantung sehat diawali dengan membuka kaki kanan selebar pundak dan membungkuk. Lalu, gerakan dilanjutkan dengan memutar badan dan kaki ke kanan dan kiri. Kemudian, disertai dengan gerakan memutar tubuh ke kanan dan kiri. Gerakan penutupnya adalah meluruskan lengan dan kaki. Lakukan gerakan-gerakan di atas dengan iringan musik agar lebih menggembirakan.


Baca juga Panduan Senam Otak dan Langkah Senam Wajah.


Nah, itulah serangkaian gerakan yang mampu Anda praktikkan di rumah untuk melakukan senam jantung sehat. Ingat, sebelum melakukan senam ini, femalist.com sungguh menganjurkan bagi Anda untuk melaksanakan pemanasan mirip jogging atau jalan di daerah agar suhu badan naik. Pemanasan ini akan menciptakan badan tidak kaku, sehingga kemungkinan mengalami cedera akan semakin kecil. Dianjurkan juga untuk melaksanakan senam ini di luar ruangan semoga Anda bisa menghirup udara segar dikala mempraktikkannya. Agar lebih bergairah, Anda bisa melakukan senam ini secara beramai-ramai. (AE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel