4 Langkah Senam Pilates yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Senam Pilates ialah serangkaian gerakan yang menggabungkan latihan fisik dan fokus fikiran. Teknik ini bisa melatih keseimbangan antara pikiran dan raga. Gerakan-gerakan dalam senam ini memadukan latihan pernapasan, relaksasi, dan peregangan yang sudah populer sejak zaman dulu. Dengan melaksanakan senam ini secara terencana, tubuh Anda pun akan terasa rileks dan kencang. Gerakan-gerakannya yang mudah dan beragam pun membuat latihan ini terasa mengasyikkan dan tidak membosankan.


Berikut ini 4 langkah mudah untuk berlatih senam pilates yang berfaedah untuk menurunkan berat badan


Senam Pilates yang Efektif Menurunkan Berat Badan


Senam untuk Kaki


Pertama, berbaringlah telentang di atas matras. Rentangkan kedua tangan ke samping badan dan tarik napas secara perlahan. Kemudian, angkatlah kaki Anda hingga membentuk sudut siku-siku atau tegak lurus. Saat mengangkat kaki dan membentuk sudut 90 derajat, Anda harus menghembuskan napas. Lanjutkan dengan menurunkan kaki secara perlahan-lahan saja sambil mempesona napas dalam-dalam. Ulangi gerakan senam untuk kaki ini hingga 5 kali untuk masing-masing kaki. Lalu Anda bisa beristirahat selama 1 menit, dan mengulangi gerakan tersebut lagi.


Senam untuk Glutes (Otot Bagian Pinggul)


Posisikan badan telentang di atas matras, lalu rentangkan kedua tangan di samping tubuh. Tarik napas sambil posisikan kaki menekuk 45 derajat. Lalu, angkat otot glutes sambil menghembuskan napas. Masih dengan posisi ini, posisikan kaki saling menyilang. Turunkan kaki dan ulangi gerakan untuk kaki lainnya. Ulangi gerakan senam pilates ini selama 2 set (berisikan 5 gerakan pengulangan untuk setiap kaki dan istirahat 1 menit).


Senam untuk Perut


Posisikan tubuh telentang dengan kedua tangan di bawah leher dan kaki rapat vertikal. Lalu, kerutkan pusar ke dalam, diikuti dengan menawan napas sambil mempertahankan posisi semula. Sedikit turunkan kaki sampai membentuk sudut 45 derajat sambil menghembuskan napas. Angkat sedikit kepala dari matras. Sambil mengembalikan kaki ke posisi semula, hembuskan napas perlahan. Ulangilah gerakan tersebut sampai 8 kali, kemudian istirahat 1 menit, lalu ulangi lagi.


Senam untuk Lengan


Posisikan badan telungkup dan rentangkan kedua tangan, kemudian tarik napas. Angkat tangan Anda perlahan, lalu tumpukan beban tubuh ke kedua tangan sambil menghembuskan napas. Rasakan tekanan pada otot perut ketika Anda meregangkan tubuh. Ketika melaksanakan posisi ini, pastikan kepala Anda selalu dalam posisi lurus. Ulangilah gerakan ini hingga 5 kali, lalu istirahatlah 1 menit.


Baca Juga Panduan Senam Jantung Sehat.


Selama melaksanakan senam pilates ini, pastikan Anda dalam keadaan santai dan tidak tergesa-gesa. Latihan ini tidak menyantap waktu lebih dari 30 atau 40 menit dalam sehari, jadi akan lebih baik kalau Anda bisa melakukannya dengan teratur. Anda juga mampu mengajak teman-sobat Anda untuk melakukan senam ini bersama-sama supaya lebih bersemangat. Dengan melaksanakan latihan secara terstruktur dan diimbangi dengan contoh makan seimbang serta pola hidup sehat, Anda pun akan mencicipi pergantian positif dalam badan Anda. Mulailah dari sekarang! (AE)


Salam, Femalist.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel