Tata Cara dan Manfaat Lengkap Melakukan Senam Nifas

Senam Nifas ialah serangkaian gerakan yang didesain untuk para ibu sehabis melakukan proses persalinan. Senam ini bermaksud untuk mengembalikan keadaan badan mirip keadaan normal kembali, serta membuat tubuh terasa segar dan bugar. Gerakan-gerakan yang dilaksanakan pada senam ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menguatkan otot pinggul, serta mengencangkan otot perut. Selain itu, senam ini juga sangat baik untuk menangkal terjadinya komplikasi selama si ibu mengalami periode nifas, mengembalikan lagi keadaan rahim seperti semula, serta mencegah terjadinya pembengkakan di kaki.


Tata cara lengkap dan mudah melaksanakan senam nifas selama enam hari berturut-turut


Tata Cara dan Manfaat Lengkap Melakukan Senam Nifas


Hari Pertama


Posisikan tubuh berbaring di atas matras. Kemudian, ambil napas lewat hidung, tahan selama 3 detik, kemudian keluarkan secara perlahan lewat mulut. Ulangi latihan di atas hingga 5 atau 10 kali. Latihan ini akan menciptakan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh Anda lancar.


Hari Kedua


Posisikan badan telentang di atas matras. Lalu, rentangkan kedua tangan Anda sejajar dengan bahu. Tepuklah tangan satu dengan tangan lainnya, begitu juga sebaliknya. Ulangilah gerakan ini sampai 5 atau 10 kali. Gerakan di hari kedua ini berfungsi untuk mengembalikan kembali kekuatan otot-otot lengan Anda.


Hari Ketiga


Pada hari ketiga, berbaringlah di atas matras dengan posisi kaki ditekuk. Kemudian, angkat sedikit pantat Anda dan tahan selama 3 detik. Ulangi latihan tersebut hingga 5 atau 10 kali. Latihan tersebut akan memperkuat kembali otot-otot pinggul Anda yang telah melaksanakan proses persalinan yang berat.


Hari Keempat


Untuk gerakan senam nifas pada hari keempat ini, posisikan tubuh telentang dengan kaki ditekuk. Letakkan kedua tangan di perut dan angkatlah tubuh selama 3 detik. Ulangi gerakan yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot punggung ini hingga 5 atau 10 kali.


Hari Kelima


Untuk gerakan pada hari kelima, posisikan tubuh telentang di atas matras dengan kaki ditekuk. Lalu, angkatlah badan dan sentuhlah lutut Anda dengan tangan yang saling berseberangan dengan kaki. Misalnya saja, bila Anda ingin menjamah lutut kaki kanan, maka gunakan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya. Ulangi gerakan ini secara bergantian sampai 5 kali. Latihan ini berguna untuk melatih kekuatan otot punggung, perut dan paha.


Hari Keenam


Posisikan badan telentang di atas matras dan angkatlah kaki lurus sampai membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini hingga 5 kali. Latihan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot kaki. Karena pada kurun kehamilan kaki Anda dibebani dengan beban yang sangat berat, maka dengan melaksanakan latihan ini pun kaki akan terhindar dari varises. Baca juga bimbingan senam hamil 9 bulan semoga tanpa hambatan melahirkan.


Itulah serangkaian gerakan senam nifas yang mampu Anda jadikan acuan sesudah melakukan proses persalinan. Jika Anda melaksanakan proses melahirkan dengan wajar atau tanpa operasi, maka Anda sudah mampu melaksanakan kegiatan normal sesudah 6 jam dari waktu persalinan. Karena itu, Anda bisa pribadi mencoba melakukan senam yang mempunyai banyak faedah untuk mengembalikan keadaan tubuh mirip semula ini. Selamat berlatih! (AE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel