Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya

Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya – Senam ini yakni serangkaian gerakan yang dibentuk untuk menguatkan beberapa otot tertentu. Otot-otot tersebut adalah otot panggul, usus halus, kandung kemih, serta rektum. Senam ini bisa dilaksanakan oleh laki-laki (Cara Senam Kegel Pria) dan perempuan dari aneka macam usia, tetapi yang mau dibahas dalam artikel ini adalah senam untuk perempuan. Latihan ini pun mampu dipraktikkan oleh ibu hamil dan ibu yang baru melaksanakan proses persalinan. Gerakan-gerakan dalam senam ini diketahui dengan ungkapan-istilah seperti jepit-lepas dan kesepakatan-rilis. Penasaran dengan gosip ini? Yuk simak infonya di bawah ini.


Panduan lengkap sistem senam kegel wanita beserta keuntungannya untuk tubuh


Tata Cara Senam Kegel Wanita dan Manfaatnya


Cara Melakukan Senam Kegel


Seperti yang diterangkan sebelumnya, senam ini akan melatih kekuatan otot panggul, usus halus, kandung kemih, serta rektum. Maka, semestinya Anda mengetahui dahulu otot-otot tersebut sebelum melaksanakan latihan. Cara untuk mengetahui otot ini ialah dengan menghentikan sesaat aliran air seni waktu Anda sedang buang air kecil. Jika Anda berhasil melakukannya, maka Anda sudah mengetahui gerakan dasar latihan ini. Anda mampu berlatih dengan mengerutkan dan mengendurkan otot selama 5 detik. Ulangilah gerakan ini sampai 4 atau 5 kali. Jika telah terbiasa, Anda mampu memperbesar waktu untuk menahan otot selama 10 detik, lalu melepaskannya juga hingga 10 detik.


Manfaat dari Senam Kegel


Dengan melaksanakan cara senam kegel wanita yang tepat, Anda akan mendapatkan beberapa faedah.



  • Pertama, otot-otot panggul akan lebih kuat saat Anda melaksanakan proses persalinan tanpa operasi.

  • Kedua, dapat menangkal wasir yang sering dialami ibu hamil.

  • Ketiga, dapat menghalangi inkontinensi urin (sukar mengatur buang air kecil) seiring dengan pertambahan usia.

  • Keempat, dapat mencegah keluarnya urin saat Anda batuk atau bersin.


Selain itu, melakukan senam ini secara terstruktur juga akan menciptakan relasi Anda dengan pasangan lebih serasi.


Waktu yang Baik untuk Senam Kegel


Sebenarnya, tidak ada waktu tertentu yang mesti Anda pilih untuk melakukan senam ini. Anda bahkan bisa melaksanakan latihan kapan saja dan di mana saja Anda berada. Waktu latihan yang dianjurkan ialah 3 set dalam sehari. Anda juga mampu mengulang-ulang setiap set sampai 10 kali supaya jadinya membuat puas.


Itulah ulasan femalist.com tentang tata cara senam kegel perempuan beserta keuntungannya yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum melaksanakan latihan ini. Disarankan semoga untuk kurun-abad awal melaksanakan senam ini, Anda lebih konsentrasi pada otot-otot panggul. Anda tidak butuhberlatih senam kegel untuk otot paha atau perut dikala masih belajar melakukannya agar hasil yang Anda peroleh lebih optimal. Selain senam kegel di atas, Anda juga bisa menjajal senam-senam lain seperti senam aerobik, senam jantung sehat, atau latihan tai chi selaku variasi. Selamat berlatih! (AE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel