4 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak yang Bikin Nggak Pede

4 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak yang Bikin Nggak Pede – Kelopak mata yang abses bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, ujung kelopak mata atau bab yang paling erat dengan bulu mata akan membengkak, terasa berat, dan kadang juga gatal. Kebanyakan anak kecil mengalaminya setelah berdiri tidur. Namun, penyakit ini juga tak jarang dialami remaja dan dewasa. Penyebab lazimnya adalah sebab kondisi tangan yang kotor, kemudian mengucek mata secara berlebihan sampai terjadi infeksi.


Ini dia 4 cara yang direkomendasikan untuk mengatasi kelopak mata infeksi


Ini dia 4 cara yang dianjurkan untuk mengatasi kelopak mata bengkak


Air Hangat


Anda bisa mengompreskan handuk kecil atau waslap yang telah direndam sebentar dalam air hangat untuk mengompres mata. Cara ini mampu Anda lakukan kalau nanah yang terjadi ialah alasannya adalah bintitan. Cirinya yaitu adanya infeksi di ujung kelopak mata atau di bagian yang terdapat bulu mata. Dengan mengompresnya dengan air hangat, bintitan pun akan mengempis secara terjadwal. Jika Anda memeriksakannya ke klinik kesehatan, biasanya dokter akan mencabut satu bulu mata yang terdapat di sekitar benjolan dengan memakai pinset. Ini akan menciptakan bengkak keluar, sehingga benjolan pun akan makin cepat mengecil.


Air Es


Anda juga bisa mengompres mata dengan handuk atau waslap kecil yang telah direndam dalam air es. Cara ini mampu Anda kerjakan jika peradangan yang terjadi disebabkan karena blepharitis. Penyakit ini lazimnya terjadi sebab adanya bakteri di kelenjar minyak yang terdapat di sekeliling bulu mata atau mampu juga terjadi alasannya adalah reaksi terhadap produk kecantikan tertentu. Meskipun sepele, tetapi sisa tata rias yang tertinggal di sekeliling mata bisa menjadikan kuman, sehingga terjadi peradangan. Nah, dengan mengompresnya memakai air masbodoh, peradangan pun akan menghilang secara terjadwal.


Baca juga cara menghilangkna kantung mata.


Obat Antibiotik


Cara mengatasi kelopak mata abses selanjutnya ialah dengan memakai obat antibiotik. Biasanya, dokter akan menunjukkan Anda antibiotik jika duduk perkara yang muncul pada mata yaitu konjungtivitis venalis. Penyakit ini disebabkan oleh alergi, sehingga mata mengalami gejala-gejala seperti gatal, berwarna merah, serta mengeluarkan kotoran. Jika Anda mengalaminya, lebih baik konsultasikan pada dokter yang jago sebelum memperlihatkan perawatan-perawatan sendiri yang dikhawatirkan justru memperparah keadaan mata.


Obat Tetes Mata


Obat tetes mata biasanya juga disarankan oleh dokter jika Anda mengalami konjungtivitis venalis. Rasa gatal pada mata, mata yang berwarna merah, dan adanya kotoran yang keluar pada mata pasti membuat Anda tidak nyaman. Hindari mengucek mata dan hindarkan juga mata dari debu yang mampu menjadikannya makin parah.


Itulah 4 cara yang direkomendasikan untuk menangani kelopak mata nanah yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan pertama pada mata Anda. Pakailah pelindung mata mirip kacamata atau helm saat berkendara untuk menghindarkannya dari debu. Selain itu, jagalah kebersihan tangan sebelum mengucek mata yang gatal serta kebersihan mata itu sendiri. (AE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel