Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami

Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami – Memiliki baju batik atau kain batik yang menggunakan pewarna alami memang mempunyai perbedaan dalam hal perawatan. Kain tradisional dengan pewarna alami ini bisanya menggunakan daun tom, daun mangga atau pun daun rambutan dalam pewarnaannya. Merawat kain seperti ini tidak bisa sembarang pilih. Anda juga tidak bisa merawatnya mirip merawat kain lazimatau kain batik sintetis. Ada trik khusus yang mesti Anda kuasai biar kain batik terlihat lebih kinclong dan tidak mudah luntur tergoda usia. Kami akan sajikan cara merawat dan trik perawatan okenya dalam artikel ini. simak.


Ini beliau cara merawat kain batik dengan pewarna alami yang bisa Anda terapkan


Cara Merawat Kain Batik dengan Pewarna Alami


Gunakan perawatan alami


Karena materi yang dipakai alami, maka Anda juga mampu menerapkan cara alami pula dalam merawatnya. Yakni memakai daun dilem atau kerak. Namun jika ini sulit Anda dapatkan, Anda mampu memakai trik lainnya yang juga akan kami bahas dalam postingan ini.


Gunakan sampo


Cara kedua selaku alternatif dikala Anda tidak menemukan dilem ialah dengan memakai sampo saat mencuci. Sampo sangat disarankan sebab teksturnya lembut. Anda juga bisa menggunakan deterjen lembut sebagai alternatif dikala sampo Anda habis. Anda bisa merendam namun jangan kelamaan.


Gunakan pewangi


Jika tidak ada sampo atau sedang habis, Anda bisa mencucinya menggunakan pewangi saja. Tekstur dari pewangi juga hampir sama dengan sampo sekaligus memiliki amis yang lebih cocok dengan busana.


Jangan sering dicuci


Sebaiknya, Anda tidak sering mencuci kain batik, khususnya yang polos supaya tidak cepat luntur atau hilang.


Baca Juga: Memilih Baju Dress Songket Modern Murah


Angin-anginkan sehabis dipakai


Jika Anda memakai batik setengah hari saja dan tidak sering, maka Anda cukup mengangin-anginkan saja kain batik tersebut. Tidak perlu di bawah terik matahari langsung, cukup gantung di kawasan yang aliran udaranya bagus.


Bagaimana jikalau dipakai sehari penuh


Jika Anda memakainya sepanjang hari, maka segeralah basuh kain batik alami Anda memakai pewangi. Jangan direndam, cukup dicelup, dicuci, bilas dan telah final.


Ingat, dalam cara merawat kain batik dengan pewarna alami ini Anda tidak diusulkan memakai mesin basuh. Mencuci secara manual dinilai lebih baik dalam tips elok dan fashion ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel