Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang

Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang – Buat para ibu hamil ungkapan sungsang sudah tidak aneh lagi. Ini berafiliasi dengan posisi kepala bayi yang tidak berada pada jalan lahir. Tak elak, banyak ibu hamil yang tidak inginhal ini akan terjadi. Rasa was-was dan cemas pun wajar dinikmati oleh ibu hamil terlebih mereka yang sudah hamil bau tanah atau berusia di atas 6 bulan. Bagaimana bekerjsama keadaan sungsang dan cara pencegahannya?


Begini Gerakan Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Bayi Sungsang


Senam untuk Ibu Hamil Buat Cegah Sungsang


 


Posisi sungsang


Sebelumnya perlu dikenali bahwa posisi sungsang ialah posisi yang cukup dikhawatirkan bahkan ditakuti oleh ibu hamil. Sebab jika posisi ini sampai terjadi, maka umumnya salah satu jalan yang harus ditempuh untuk melahirkan bayi yaitu dengan operasi Caesar. Dalam posisi sungsang, janin dalam kandungan mempunyai posisi yang melintang alias kepala janin tidak mengerah ke jalan lahir sebagaimana mestinya.


Penyebab bayi sungsang


Ada banyak alasan atau sebab posisi bayi sungsang terjadi, di antaranya yaitu;



  1. Ibu hamil yang kurang bergerak semasa kehamilan, atau

  2. Air ketuban dalam kandungan yang terlampau banyak sehingga membuat posisi janin dalam kandungan gampang berganti dan akibatnya berubah melintang.


Jika sudah kadung, maka mungkin salah satu jalan mengatasinya yakni dengan operasi. Namun pencegahan bisa dilakukan yakni dengan melaksanakan senam. Bagaimana caranya?


Cara senam ibu hamil untuk cegah sungsang


Berikut yakni beberapa gerakan untuk menghalangi sungsang;



  1. Ambil posisi menungging lalu tekuk kedua tangan Anda

  2. Taruh tangan di samping dada

  3. Posisikan kaki dalam keadaan terbuka

  4. Kepala ditaruh di depan dada sehingga bisa bersinggungan dengan kasur atau bantalan yang digunakan

  5. Kemudian menoleh ke samping kanan dan kiri lantas buka lengan hingga di samping dada agar posisi lengan jauh dari dada

  6. Dalam posisi tersebut, tahan selama 10 menit hingga seperempat jam

  7. Jangan lupa atur nafas agar lebih rileks


Baca juga gerakan senam ibu hamil posisi tidur, duduk, dan berdiri.


Perhatian


Namun, yang harus menjadi perhatian Anda sebelum melaksanakan senam untuk ibu hamil di atas adalah bahwa Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merawat Anda selama kehamilan. Karena lemah tidaknya kondisi kehamilan Anda diketahui secara eksklusif oleh mereka dan pastinya terus dalam pantauan.


Beberapa hal di bawah ini juga perlu menjadi pertimbangan sebelum melaksanakan senam supaya lebih aman buat ibu hamil;



  1. Gerakan senam hamil lazimnya telah diadaptasi dengan keadaan ibu hamil (secara lazim) sehingga tidak memerlukan olah fisik berat.

  2. selain berkonsultasi dengan dokter dan bidan, ibu hamil juga perlu tahu kalau semestinya senam hamil dilakukan di atas usia kehamilan 6 bulan. Sebab ada keadaan tertentu di mana usia di bawah 6 bulan tidak diperbolehkan dengan alasan lisan rahim lemah, dikhawatirkan akan terjadi pendarahan, atau alasan yang lain.


Demikian senam untuk ibu hamil buat menyingkir dari bayi sungsang. Semoga bermanfaat buat kehamilan Anda.


 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel